Analysis of Service Tariffs and Customer Participation in the Purchase Decision of Prepaid Electricity Services at PT. PLN (Persero) Ulp Medan Kota Mediated by Corporate Image

Analysis of Service Tariffs and Customer Participation in the Purchase Decision of Prepaid Electricity Services at PT. PLN (Persero) Ulp Medan Kota Mediated by Corporate Image

Authors

  • Verianni Sinaga Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Mesra b Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Elfitra Desy Surya Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.61306/ijmea.v2i2.206

Keywords:

Service Tariffs, Customer Participation, Company Image, Purchase Decision

Abstract

This study aims to test and analyze the influence of service tariffs and customer participation on the purchase decision of prepaid electricity services at PT PLN (Persero) ULP Medan Kota and test and analyze the influence of service tariffs and customer participation on the purchase decision of prepaid electricity services at PT PLN (Persero) ULP Medan Kota mediated by the company's image.  The type of research is quantitative, with an associative approach.  The types of data used are primary and secondary.  Data collection techniques with questionnaires and interviews. The sample of this study was taken by the Purposive Sampling method with the desired respondent criteria being customers who had visited the PLN (Persero) ULP Medan Kota office more than 2 times.  The results of the study show that service tariffs and customer participation have a positive and significant effect on the decision to purchase prepaid electricity services at PT PLN (Persero) ULP Medan Kota, service tariffs and customer participation have a positive and significant effect on the decision to purchase prepaid electricity services at PT PLN (Persero) ULP Medan Kota which is mediated by the company's image.

References

Adrianah, (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT Ardan Masogi Tbk di Kota Pare-pare. Jurnal Economix Volume 5 Nomor 1 Juni 2017

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Kesatu. Penerbit : Alfabeta, Bandung

Andi Faisal Suddin (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Ayam Pedaging di Kota Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan 1(1):1-12, 2013 ISSN. 2355-0732.

Alma Buchari, 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, edisi revisi, cetakan ketigabelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Afri Murtini, dkk (2019) Analisa Bauran Pemasaran (7p) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Studi Kasus Pada Home Industry CV Melati Kota Pangkalpinang. Jurnal Progresif

Manajemen Bisnis STIE-IBEK Management Department. https://ejurnal. site-bek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/419

Djamaluddin Karim (2014) Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA 421 Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal. 421-430. ISSN 2303-1174

Daryanto. 2016. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Penerbit : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung

Dimyati, Mohamad. 2018. Pendekatan Hayati : Strategi Pemasarn Untuk menghadapi Persaingan yang Dinamis. Penerbit : Mitra Wacana Media,Jakarta

Djaslim Saladin dan Herry Achmad Buchory, 2016, Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab, Linda Karya, Bandung

Ghozali Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, edisi kesembilan, cetakan kesembilan, Badan Penerbit : Universitas Diponegoro Semarang

Haritsya Khulud, dkk (2016) Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Ekspor (Studi dengan Pendekatan Biaya pada Komoditi Kopi di PT. Asal Jaya) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 32 No. 2 Maret 2016| administrasi bisnis. studentjournal.ub.ac.id 138

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit : Alfabeta, Bandung

Ibnu Nasrudin Amrullah (2018) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Volume Penjualan Abon Ikan Lele Untuk Perbaikan Strategi Bauran Pemasaran. Jurnal Universditas Gadjah Mada, Yogyakarta

Jaya Bahwiyanti dan Sugiannor (2018) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan pada CV. Paris Banjarbaru. JIEB:Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis.Jilid 4 No1 Maret 2018. ISSN Online 2615-2134Lllll DOI: https://doi.org/10.35972/jieb.v4i1.189

Kadek Martika Puspitasari, dkk (2016) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran

Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT Hatten Bali di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.5, 2016:3080-3105 ISSN 302-8912

Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane, 2018. Manajemen Pemasaran, edisi keduabelas, jilid satu, cetakan ketiga, Penerbit : Indeks, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Limakrisna Nandan dan Togi Parulian Purba, 20189 Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia, edisi ketiga, Penerbit : Mitra Wacana Media, Group, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit :

Salemba Empat, Jakarta

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Penerbit Mitra Wacana

Media, Jakarta

Mesra, Ferine, K., Astuti, D., & Sentosa, I. (2023). Website Quality, Social Media and Satisfaction on Choosing Decisions Private Universities. Trikonomika, 22(2), 93–99. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v22i2.10349 DOI: https://doi.org/10.23969/trikonomika.v22i2.10349

Mesra, Lubis, A. N., Rini, E. S., & Silalahi, A. S. (2021). Confirmatory Factor Analysis of Electronic Word of Mouth in Private College Students in Medan. Journal of International Conference Proceedings, 3(4), 54–66. https://doi.org/10.32535/jicp.v3i4.1010 DOI: https://doi.org/10.32535/jicp.v3i4.1010

Muh Irfan Nasution, dkk (2017) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Jurnal Riset Sain Manajemen, Home> Vol.1, No.1 (2017) JRSM

Mudrajad, Kuncoro. 2013. “Mudah Memahami dan menganalisis Indikator ekonomi”. Penerbit : UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Priansa, Juni Donni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Cetakan Kesatu. Penerbit : Alfabeta, Bandung.139

Purwanto, dkk (2016) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Penjualan Okky Jelly Drink Pada Distributor PT. Sinar Niaga Sejahtera Di Wilayah Banjarmasin. Jurnal Bisnis dan Pembangunan EdisiJanuari-Juni 2016 Vol 5 , No. 1, ISSN 2541-178X

Risqi Dian Rahmawat, (2020) Pengaruh Bauran Pemasaran Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada Home Industry Beruang Mas Tulungagung) Jurnal IAIN Tulungagung. Institusional Repository

Sangadji, Mamang Etta dan Sopiah. 2018. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis disertai

Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit : Andi, Yogyakarta

Sulaiman Kurdi, dkk (2018) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan

Penjualan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Kabupaten Kendal.

BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi https://jurnal.uns.ac.id/bise p- ISSN 2548-8961 | e-ISSN 2548-7175 | Volume 4 Nomor 2 (2018) @ Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret

Suryani, Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global Menciptakan Nilai Unggul Untuk Kepuasan Nasabah. Edisi Pertama, Cetakan Kesatu. Penerbit : Prenadamedia Group, Jakarta

Surya, E. D., Felani, K. F., Tasril, V., & Andriani, A. (2023). Analysis of Tourist Attractions , Amenities and Accessibility to Tourist Visit Decisions Mediated by Digitalization Promotion. 01(02), 58–67. DOI: https://doi.org/10.54209/iem.v1i02.8

Surya, E. D., Rini, E. S., & Setiawan, N. (2018). The Effect of Halal Destination Image and Visitors Satisfaction on Tourist Loyalty (Object In Bukit Tinggi City Of West Sumatera). 46(Ebic 2017), 558–564. https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.88 DOI: https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.88

Surya, E. D., Saragih, M. G., & Siregar, N. (2022). Analysis of the Effect of Tourism Objects and Tourism Infrastructure on the Satisfaction of Muslim Tourists Visiting Halal-Based Tourist Destinations in the Lake Toba Tourism Area. 1st Virtual Workshop on Writing Scientific Article for International Publication Indexed SCOPUS, 540–545. https://doi.org/10.2478/9788366675827-094 DOI: https://doi.org/10.2478/9788366675827-094

Surya, E. D., & Suwarno, B. (2023). Memorable Tourism Experience : Building Satisfaction and Loyalty of Tourists ( Case Study of Medan City , Indonesia ). International Journal of Economics Development Research, 4(2), 507–522.

Suryanto, Hang Mikael. 2017. Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi, Model dan

Kepuasan Pelanggan Saluran Distribusi. Penerbit : Kompas Gramedia, Jakarta

Suliyanto, 2018. Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi, edisi pertama,

Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta Pengukuran

Rangkuti, Freddy. 2018. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R & D, penerbit : Alfabeta, Bandung.

Suparyanto, RW dan Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, Dilengkapi 45 Judul Penelitian &

Kasus Sehari-hari di Indonesia. Penerbit : In Media, Bogor.

Swatha Basu, Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. Penerbit : BPFE: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi Pemasaran, edisi keempat, cetakan kesepuluh, Penerbit : Andi

Yogyakarta. --------------------, 2018. Pemasaran Jasa, edisi terbaru, cetakan kesepuluh,

Penerbit : Andi Yogyakarta. 14

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Penerbit : Andi

Offset, Yogyakarta

Tjiptono Fandy dan Chandra Gregoris, 2019. Service, Quality Dan Customer Satisfaction, edisi

kelima, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Widjojo, Handyanto, Suherman Widjaja, Robby Poniman, Rudy Handoko,

Alexander Ibnu Wibowo, Yudho Hartono, Farah Mustika Sari, dan Ferd

Oktavian. 2018. Sari-Sari Pemasaran dan Aplikasinya di Dunia Bisnis. Cetakan Kedua,

Penerbit : Prasetiya Mulya Publishing, Jakarta

Wibowo Lili Adi dan Priansa Donni Juni, 2017, Manajemen Komunikasi dan Pemasaran,

cetakan pertama, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Yazid. 2015. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Sleman,

Yogyakarta: EKONISIA

Downloads

Published

05-09-2024
Loading...