Analysis Of Company Reputation and Product Innovation Against Marketing Performance Through Competitive Advantage at PT Amanah Travel Indonesia

Authors

  • Erlina Satrin NY Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Mesra B Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Elfitra Desy Surya Universitas Pembangunan Panca Budi

Keywords:

Reputation, Product Innovation, Marketing Performance, Competitive Advantage

Abstract

This study aims to test and analyze the influence of company reputation and product innovation on competitive advantage in PT Amanah Travel Indonesia. To test and analyze the influence of company reputation and product innovation on marketing performance at PT Amanah Travel Indonesia through competitive advantage. The method used in this study is a quantitative method. Data analysis techniques using SMART PLS. Data collection techniques using Quesioner and interviews. Using the slovin formula, a sample of 160 consumers was obtained. The results of the study show that the company's reputation and product innovation have a positive and significant effect on the competitive advantage of PT Amanah Travel Indonesia.  The company's reputation and product innovation to the marketing performance of PT Amanah Travel Indonesia through competitive advantage.

References

Andayaningsih, S., Nuriyana, & Marhumi, S. (2022). Analisis Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Penjualan Pada PT . Wicaksana Overseas International . Tbk Cabang Gowa. Jurnal Mirai Management, 7(3), 540–548. Arifin, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kue dan Roti di Desa Bugo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 7(2), 848–859.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2550

Bahren, B., Ramadhani, I., & Suroso, E. (2018). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Inovasi Proses, Inovasi Marketing Dan Inovasi Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 8–18. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Dharasta, Y. S. M. A. (2017). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket ( Studi Kasus Pada Jasa Travel Agent Di Wilayah Yogyakarta ). Jurnal Manajemen Dirgantara, 10(2), 48–57.

Gozali, I., & Nugraha, A. C. (2022). analisis kinerja pemasaran untuk mencapai keunggulan bersaing (Studi Pada Centra

Industri Pakaian Batik Di Pekalongan). Jurnal Soshumdik, 1(1), 43–52.

Hidayanti, E. I., Damayanti, R., & Arif, S. (2022). peningkatan keunggulan bersaing melalui startegi deerensiasi produk , inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada produk umkm jenis pangan kota ternate. e-

Qien :Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 429–439.

Ilham, R., Yusril, M., & Kamal, M. (2021). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Kompetitif Pada PT. Propertindo Wijaya Perkasa. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(2), 223–231.

Korowa, E., Sumayaku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.

Lubis, A. Z., Nahulae, L. L., Anggraini, N. M., Adawiyah, R., & Suhairi. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penetapan Harga. Jurnal Masharif Al-Syariah : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 25–28.

https://doi.org/https://www.doi.org/10.30651/jms.v9i1.21412

Majid, N. (2020). Peran Reputasi Perusahaan dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Maskapai Penerbangan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.47747/jismab.v1i2.51

Miati, I. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handycrafts Pada Sentra Kerajinan Bambu Mangkubumi Kota Tasikmalaya. ADBIS: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 3(2), 19–34. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index%0AVolume

Murdani, B., Supartono, & Satpatmantya BR, K. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 10(2), 867–881.

https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49569

Musyawarah, I. Y. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat (RJA) Di Kabupaten Mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49–59.

Panggalo, D. (2020). Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(1), 40–52. https://doi.org/DOI : 10.37476/jbk.v9i1.810

Rizaldi, M. R., Putri, L. T., & Kamal, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Naisha Madu Nusantara Di Bangkinang Kota. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 10–18.

Rosanti, C. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Produk Koperasi Jasa Keuangan Syariah pada KJKS BTM Se Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 8–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i1.927

Sari, S. K., Isrofani, A. N., Pratiwi, C., & Batu, R. L. (2021). Pentingnya Inovasi Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Pada Brand I-Phone Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 181–187. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/index%0AVolume

Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6. http://ejournal.lmiimedan.net

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644

Yulandra, S. T., & Haryati, R. (2020). Pengaruh Reputasi, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rio Mini Market Di Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal Matua, 2(4), 295–306.

Zhang, J. A., & Utama, W. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Elly Bakery. Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(5), 559–570.

Downloads

Published

26-01-2025