Analysis Of Product Quality And Promotion Towards Consumer Loyalty Mediated By Consumer Satisfaction (Case Study Of Two Binjai Burger)

Authors

  • Isnan sarwo prasetyo Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Toyib Daulay Universitas pembangunan Panca Budi
  • Sri Rahayu Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Elfitra Desy Surya Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nur Afrina Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.61306/ijmea.v1i2.51

Keywords:

Product Quality, Promotion, Consumer Loyalty, Consumer Satisfaction

Abstract

This research aims to test and analyze product quality and promotion on consumer loyalty which is mediated by Dua Burger Binjai consumer satisfaction. Consumer loyalty is an important aspect, so efforts are needed to increase customer loyalty by using several supporting aspects such as product quality, promotions, and consumer satisfaction. This type of research is quantitative research. The population in this research is Dua Burger consumers. The number of samples used in this research was 150 samples. The data analysis method used in this research uses the Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). The results of this research are that product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction. Promotion has a positive and significant effect on Consumer Satisfaction. Consumer Satisfaction has a positive and significant effect on Consumer Loyalty. Product quality has a positive and significant effect on consumer loyalty. The promotion has a positive and significant effect on consumer loyalty. Product Quality has a positive and significant effect on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction. Promotion has a positive and significant effect on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction. Product Quality and Promotion have a positive and significant effect on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction.

References

Aditya, Addin dkk. Metodologi Penelitian Ilmiah Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. Penerbit ANDI (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Arianto,Nurmin.2022.Manajemen Pemasaran. Penerbit : Cipta Media Nusantara. Surabaya Ghozalu. 2016. Aplikasi ANALISIS Multivariete Dengan Program IBM SPP 23 Edisi 8 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjadi, Didik dan Ibal Arraniri. 2021.Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cetakan 1. Penerbit Insania:Cirebon.

Khalik, Idham. 2022. Penetapan Atribut Produk dan Harga Terhadap Penciptaan Nilai Serta Dampaknya Pada Kinerja Pemasaran. Cetakan 1. Penerbit Insania. Cirebon

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasran Era Tradisional sampai Modernisasi Global. Cetakan 2. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Mujito, dkk (2023). Manajemen Pemasaran: Sebuah pengantar untuk pemula. EDU PUBLISHER : Tasikmalaya.

Musyaffi, Ayatulloh Michael dkk. 2022. Konsep Dasar Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SMARTPLS. Penerbit Pascal Books. Nugroho, Adi Sulistyo dan

Wlda Haritanto.2022. Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Statistik. Penerbit : ANDI.Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2012.Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Dasar dan Kasus). Penerbit CAPS(Center of Academic Publishing Services): Yogyakarta.

Sa’adah, Lailatus dan Abdullah Fajarrul M.(2022). Kualitas Layanan, harga, dan Citra Merk serta PengaruhnyaTerhadap Kepuasam Konsumen. Lppm Universitas

KH. A. Wahab Hasbullah. Suryati, Lili.2015. Manajemen Pemasaran : Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Cetakan 1. Penerbit : CV Budi Utama. Yogyakarta Utama,

Andaysn Pardipta. 2023. Mnajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Ruang Lingkup. Penerbit CV.

Adanu Abimata. Yuliani, Wiwin dan Ecep Supriatna.2023. Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina Bhakti Persada. Bandung.

Wangsa, I Nyoman Wara dkk. 2022. Promosi Penjualan Untuk membangun ElectroniC Word Of Mouth Mendiring Pengambilan Keputusan Pembelian.

Journal

Dicky Saputra dan Irwan. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Pomosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Lingga Jati Palembang”. Jurnal Universitas

Bina darma. Dita Putri A, dkk. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan)”. Jurnal uneversita Brawijaya.

Mashuri.(2020). “Analisis Dimensi Loyalitas Pelamggan Berdasarkan Perspektif Islam”. Jurnal STIE Syariah Bengkalis.

Veronika & Nora Pitri Nainggolan. (2022). “ Pengaruh Promosi, Atribut Produkdan loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia”. Jurnal Universitas Putera Batam.

Previous Journal

Halimah, Helma Nurul (2019). “Analisis kualitas produk, promosi dan harga terhadap loyalitas konsumen Kampoeng Batik Laweyan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening”.

Anggraini, Fifin et al (2020).” Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek”. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Arifin,Fanny Novia, et al “Pengaruh promosi dan Kualitas layananan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan sakinah supermarket surabaya”.

Rahayu, Sri, et al (2022). “Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Rocket Chiken”.

Martinus Gea (2021) “Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai veriabel mediasi (studi kasus pada charitas market gunung sitoli)”.

Nurlaila Kalsum, et al (2023). “ Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Indomie Di Feb Unram)”.

Downloads

Published

28-12-2023